Apa Itu Website? Pengertian, Jenis & Manfaatnya

apa itu website

Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung yang berisi berbagai macam informasi baik berupa teks atau konten multimedia. Apa itu website?

Di tahun 2019, tercatat sangat banyak sekali contoh website yang bisa kita jumpai. Mulai dari yang besar Google, Facebook sampai sevenpion.com sendiri merupakan website yang bisa kita jumpai di internet setiap harinya.

Bahkan, kehidupan kita sehari-hari sudah hampir tidak bisa di pisahkan dengan website. Mulai dari membaca berita dipagi hari, berbagi aktivitas sehari-hari melalui sosial media, sampai belanja kebutuhan maupun keinginan melalui online shop.

Meskipun selalu bersentuhan setiap harinya, mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu website? Maka dari iu, kita akan membahas mengenai website. Mari kita mulai mengenal lebih dalam.

Baca juga : Cara Menggunakan Whatsapp Web Di Hp

Apa Itu Website?

apa itu website
apa itu website

Tanpa di sadari, setiap hari kita selalu bersentuhan dengan yang namanya website. Jadi, apa itu website? Website adalah kumpulan halaman-halaman web yang saling terhubung yang berisi berbagai macam informasi baik berupa teks atau konten multimedia, yang dapat di akses menggunakan browser menggunakan sebuah URL website yang disebut domain.

Ada banyak sekali contoh website yang bisa kita jumpai, salah satunya adalah sevenpion.com, termasuk halaman ini juga merupakan bagian dari website sevenpion.

Baca juga : Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri

Komponen-Komponen dalam Website

Terdapat 3 unsur utama pada sebuah website. Tanpa adanya salah satu dari 3 unsur ini, website Anda tidak akan bisa di akses oleh pengguna internet. Mari kita simak 3 unsur tersebut adalah :

1. Sistem websitenya

Sistem website saat ini dapat dibuat dengan berbagai macam cara, mulai dari menggunakan CMS seperti wordpress. Sampai bisa membuatnya dari 0 menggunakan PHP atau bahasa pemrograman lainnya.

Bahkan tersedia ada banyak sekali platform agar kamu dapat membuat website gratis, bahkan tanpa perlu keahlian coding.

2. Konten

Konten website disini bisa berupa teks, konten multimedia seperti gambar, video, animasi dsb. Tanpa adanya konten, maka website tidak mempunyai kejelasan konten dan isi yang ingin disampaikan ke pengunjung.

Sebelum menyediakan konten, perlu diperhatikan dulu tujuan dari website itu sendiri. Misal itu website perusahaan, maka isinya adalah konten yang dapat memberikan informasi seputar perusahaan itu sendiri.

3. Domain

Jika sebuah toko baju mempunyai alamat di jalan malioboro untuk dikunjungi secara langsung, maka sebuah domain juga merupakan sebuah alamat yang bisa dikunjungi juga, tetapi secara online di internet.

Domain akan menjadi identitas sendiri bagi pemiliknya. Jadi sebelum membeli sebuah domain, ada baiknya Anda temukan terlebih dahulu nama domain yang menarik, agar website Anda lebih mudah dikenali pengunjung ataupun search engine.

4. Hosting

Jika sebuah toko baju mempunyai alamat di jalan malioboro untuk dikunjungi secara langsung, maka sebuah domain juga merupakan sebuah alamat yang bisa dikunjungi juga, tetapi secara online di internet.

Domain akan menjadi identitas sendiri bagi pemiliknya. Jadi sebelum membeli sebuah domain, ada baiknya Anda temukan terlebih dahulu nama domain yang menarik, agar website Anda lebih mudah dikenali pengunjung ataupun search engine.

Dapatkan harga hosting terbaik dengan menggunakan kode afiliasi “a-sevenpion” di banner berikut ini:

Hosting Unlimited Indonesia

Jenis-jenis Website

Setelah mengenal pengertian website dan komponen-komponennya. Saatnya kita mengenali jenis-jenis website, ada banyak sekali jenis-jenis website, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Website Pribadi

Saat ini banyak sekali orang-orang yang mempunyai website pribadi, dengan tujuan untuk menjual jasa ataupun hanya sebagai personal branding.

Website pribadi sendiri beragam, mulai dari yang bisa kita buat gratisan, seperti yang disediakan oleh google di blogger. Anda sudah bisa mempunyai website pribadi gratis dengan alamat seperti namadomain.blogspot.com, silahkan akses di blogger.

2. Toko Online

Akhir-akhir ini toko online menjadi sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Karena banyak sekali fitur toko online sekarang yang membuat kita para pelanggan tidak perlu cemas lagi dengan unsur-unsur penipuan.

Apakah Anda seorang pedagang? Jika iya, apakah Anda sudah mempunyai toko online untuk menjual dagangan Anda secara online? Jika sudah tentu itu sangat bagus untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya.

3. Company Profile

Company profile biasanya identik dengan website yang menampilakan informasi seputar perusahaan. Website Company profile sendiri sangat dibutuhkan saat ini.

Selain untuk mengenalkan perusahaan ke pasar online. Perusahaan juga bisa menambah berbagai macam layanan atau produk yang disediakan perusahaan.

Baca juga : Aplikasi Pembuat Stiker Whatsapp Dengan Foto Sendiri

4. Blog

Website dengan tipe blog biasanya berisi artikel-artikel yang berisi pengetahuan atau pengelaman penulis. Contohnya sendiri adalah blog sevenpion ini yang berisi artikel-artikel membahas seputar dunia digital.

Tujuan dari blog sendiri ada beragam, mulai dari sharing ilmu pengetahuan, sumber penghasilan bagi bloggger, afiliasi dsb.

5. Website Custom

Website custom merupakan sebuah website yang dibuat dengan tujuan khusus. Mengingat karena tujuannya yang khusus, sehingga harga website custom bisa jadi jauh lebih mahal dibandingkan jenis website lainnya.

Manfaat Website

Website mempunyai sangat banyak manfaat baik perorangan atau organisasi. Mulai dari kebutuhan sosial media, belanja online, akses berita, dan masih banyak lagi. Mari kita simak beberapa manfaat website berikut ini :

1. Personal Branding

Untuk membangun personal branding melalui website, dibutuhkan sebuah website pribadi yang berisi informasi tentang seseorang yang ingin di angkat personal brandingnya.

Dengan adanya sebuah website pribadi, tentu akan menambah kuat kepercayaan orang kepada seseorang yang di angkat pada website tersebut, serta menambah kesan profesional orang tersebut.

Dalam membangun personal branding pada website, Anda bisa menampilkan karya-karya seperti hasil foto, ide, desain, musik, atau video pada website Anda.

2. Berbagi ilmu pengetahuan

Sudah pernah baca tutorial pada jalantikus? Disana sipemilik bisa berbagi ilmu yang mereka punyai kepada umum. Jika Anda mempunyai website seperti itu, tentu Anda juga akan bisa menjadi blogger sukses yang bisa meraup keuntungan berupa uang dari iklan.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi guru online bagi teman-teman yang membutuhkan ilmu yang dibagikan di website tersebut. Selain bermanfaat di dunia, juga bermanfaat di akhirat juga dong.

3. Sumber Penghasilan

Ada banyak sekali cara menghasilkan uang melalui website. Beberapa diantaranya adalah membuka toko online, mengikuti program google yaitu google adsense, menerima endorsement dan tawaran kerjasama dari berbagai kalangan.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti program affiliate marketing yang diselenggarakan oleh banyak situs seperti amazon, alibaba dan masih banyak yang lainnya.

Tugas kita sebagai Affilate marketer adalah mempromosikan produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan tempat Anda bergabung sebagai affilate marketing. Anda akan mendapat keuntungan setiap terjadi transaksi yang menggunakan link affiliate.

Kesimpulan

Sekarang kamu pasti sudah mengetahui apa itu website? apa saja komponen-komponennya? jenis-jenis website dan manfaat dari website. Sekarang saatnya kamu mengetahui cara membuat website gratis, agar kamu bisa memiliki website sendiri jua.

Selain itu, jika Anda merasa berat untuk membuat website sendiri karena tidak mau ribet, Anda dapat memesannya di sevenpion. Selain menyediakan jasa pembuatan website pribadi, toko online, company profile atau blog. Anda juga bisa membuat website custom di disini.

banner-promisi-jasa-pembuatan-website-profesional

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *