Bisnis Offline atau Online, Mana yang Jadi Pilihan?

bisnis offline atau online

Bisnis Offline atau Online, Mana yang Jadi Pilihan?

Bisnis offline atau online sama-sama akan disebut bisnis. Meskipun sama-sama bisnis, ternyata memiliki sangat banyak perbedaan, terutama dalam hal promosi yang dilakukan.

Bukan hanya menawarkan kemudahan-kemudahan yang tidak dimiliki ketika Anda menjalankan bisnis offline, namun dengan bisnis online Anda mendapatkan lebih banyak peluang besar.

Menurut Direktur Industri Elektronika Telematika, prospek ecommerce pada 2015 mengalami pertumbuhan sekitar 60%-70%. Persentase tersebut tentunya merupakan angka yang besar bagi pertumbuhan bisnis online di Indonesia.

Oleh karena itu, para pelaku usaha yang sebelumnya hanya mempunyai toko fisik, mulai mengembangkan toko onlinenya atau mulai berjualan melalui marketplace-marketplace yang ada di Indonesia bahkan di luar negeri.

Baca juga : Pengertian dan Konsep Digital Marketing

Persamaan Bisnis Offline dan Online

Persamaan antara bisnis offline dan bisnis online terletak pada pergerakan usahanya. Baik bisnis offline atau bisnis online, memiliki tujuan yang sama, yaitu menghasilkan penjualan.

Keduanya juga sama-sama memiliki unit produksi. Selain itu, keduanya juga memiliki tempat untuk melakukan perdagangan atau pendistribusian ke pelanggan.

Jika di bisnis offline kita dapat melihat toko fisik yang menjual suatu produk, di bisnis online kita juga dapat menemukannya melalui toko online atau ecommerce.

Perbedaan Bisnis Offline dan Online

Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya adalah pada basisnya. Bisnis offline lebih ke pemanfaatan toko fisik untuk melakukan penjualan, sedangkan bisnis online lebih ke toko online yang dapat menjangkau seluruh pengguna internet.

Selanjutnya, pada kegiatan bisnis online akan selalu bergantung pada internet, sedangkan bisnis offline dapat berjalan tanpa internet. Selama memiliki toko fisik, bisnis offline bisa melakukan penjualan.

Baca juga : Manfaat Website Company Profile Untuk Bisnis

Apa Keuntungan dari Bisnis Offline ?

Bisnis yang mempunyai bangunan fisik akan membuat tingkat kepercayaan pelanggan lebih tinggi. Karena bisnis offline memiliki wujud toko fisik yang dapat didatangi secara langsung oleh pelanggan.

Sifat dari kebanyakan pelanggan adalah mereka akan melihat dan merasakan produk sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk membelinya. Terutama, jika produk-produk tersebut adalah perhiasan, barang elektronik yang harganya relatif lebih mahal.

Pelanggan hanya akan menuju toko jika mereka menyukai sesuatu yang ditampilkan pada etalase toko atau mendapat informasi untuk datang ke toko tertentu karena koleksinya yang tepat.

Apa Kekurangan Bisnis Offline?

Baik bisnis online atau bisnis offline, sama-sama mempunyai kekurangan. Untuk bisnis offline sendiri, jika mengalami penurunan penjualan akan berdampak langsug ke biaya operasional seperti pembiayaan toko, sdm, produksi, dan lain sebagainya.

Ini bukan hanya memerlukan banyak dana, melainkan juga memerlukan pengawasan yang terus menerus. Tentunya Anda harus mengeluarkan dana tambahan untuk gaji para staf yang terlibat. Inilah mengapa sulit bagi Anda yang mempunyai modal relatif kecil untuk menjalankan bisnis ini.

Baca juga : Meningkatkan Penjualan Dengan Internet

Apa Keuntungan Bisnis Online?

Jika ditanya apa keuntungan dari bisnis online ini, maka jawabannya bisa jadi akan panjang kali lebar. Sedikit mengulas kembali, salah satu keuntungan bisnis online adalah mengatasi keterbatasan geografis.

Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat memulainya dengan modal yang sangat terbatas, bahkan tanpa modal sekalipun. Bagaimana, keren bukan?

Bisnis online ini tergolong mudah, sehingga dapat dipelajari secara otodidak dan tidak mempermasalahkan latar belakang Anda. Bagi pebisnis ataupun customer dari bisnis ini, seluruhnya mendapatkan keuntungannya masing-masing.

Apa Kekurangan Bisnis Online?

Memang sangat banyak pebisnis online yang sukses. Namun, semua itu diraihnya semata bukan dari hasil yang instan. Layaknya bisnis offline, bisnis online juga memerlukan ketelatenan, kesabaran, sekaligus kerja keras untuk menjalankannya

Tantangan bisnis online adalah Anda harus mendapatkan kepercayaan pelanggan. Karena dalam bisnis online pelanggan hanya melihat foto, deskripsi produk/jasa, tanpa dapat meraba secara langsung.

Apa yang Harus Anda Lakukan untuk Mengembangkan Bisnis Offline ke Online?

  1. Paksakan untuk Suka Menulis
    Jika Anda adalah orang yang tidak pandai merangkai kata-kata melalui tulisan, maka paksakan! Karena, jika Anda ingin terjun untuk memulai bisnis online, maka Anda perlu mempelajari seni mengajak (persuasi) melalui rangkaian kalimat. Hal ini sangat berbeda dengan bisnis offline di mana transaksinya dilakukan secara langsung (face to face). Namun, jika Anda menyerah untuk mempelajari seni mengajak orang melalui tulisan, Anda dapat memperkerjakan seorang editor atau copywriter.
  2. Lakukan Perbaikan
    Jika perbaikan dilakukan dengan memperbagus toko fisik Anda, begitu pula untuk toko online Anda. Anda perlu untuk selalu setiap sedia mengatasi masalah server. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda membangun website Anda melalui hosting yang handal. Kejadian ini sangat jarang terjadi, namun tetap saja, Anda harus siap sedia untuk melakukan perbaikan jika hal ini benar-benar terjadi.
  3. Siap untuk Beroperasi 24 Jam
    Beberapa di antara toko offline hanya sedikit yang beroperasi selama 24 jam penuh. Berbeda halnya ketika Anda menjalankan bisnis online. Bisnis ini lebih bersifat fleksibel. Artinya, kapan pun ada order dari customer, maka Anda harus siap untuk melakukan get respons. Ini berarti, Anda harus siap kapan pun untuk berinteraksi dengan para customer online Anda.

Baca juga : Manfaat Toko Online Untuk Pengembangan Bisnis

Secara keseluruhan, baik bisnis offline atau online sama-sama mempunyai kekurangan dan kelebihan. Untuk memaksimalkannya ada baiknya Anda menggabungkan keduanya, agar lebih mudah ditemukan pelanggan. Demikian penjelasan tentang Bisnis Offline atau Online, manakah yang akan menjadi pilihan Anda?? Silahkan jawab dikomentar ya.

Dalam sebuah bisnis kamu memerlukan website dan aplikasi android sebagai media promosi online agar bisa menjangkau market yang lebih luas. Segera buat website dan aplikasi android Anda untuk mengembangkan bisnis disini.

banner-promisi-jasa-pembuatan-website-custom

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

banner-jasa-pembuatan-toko-online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *