Pengertian Email Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis

pengertian email marketing

Apa pengertian email marketing? Pada industri 4.0 yang mengacu pada teknologi, semua orang menggunakan email untuk keperluan pribadi atau bisnisnya. Setiap orang yang menggunakan lapton, smartphone android atau ios pasti mempunyai email.

Pada internet marketing, memanfaatkan email marketing adalah salah satu strategi pemasaran perusahaan yang masih cukup efektif untuk menjangkau calon pelanggan atau meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan lama yang berfungsi untuk meningkatkan repeat order.

Kira-kira seberapa pentingkah email marketing untuk bisnis Anda? Mari simak gambaran singkat tentang email marketing dibawah ini:

Gambaran Tentang Pengertian Email Marketing

pengertian email marketing
pengertian email marketing

Nikita adalah pebisnis online yang menjual sepatu melalui website. Dia memanfaatkan SEO dan Facebook Ads untuk mengarahkan pelanggannya ke website. Dengan memanfaatkan 2 saluran pemasaran tersebut, Nikita berhasil menjual sekitar 100-300 produk setiap bulannya dan terus bertambah.

Singkat cerita, Nikita pun sukses berbisnis hanya dengan menggunakan 2 saluran pemasaran tersebut. Dia semakin sadar bahwa bisnisnya terus bertumbuh dan perlu menggunakan saluran pemasaran baru untuk memperluas pelanggannya.

Singkat cerita Nikita membuka websitenya dan melihat terdapat ribuan email list pada websitenya. Email list ini dia dapat dari form subscribe yang sebelumnya sudah dia cantumkan pada awal pembuatan website.

Awal mulanya dia bingung dengan fungsi email list ribuan tersebut. Pada suatu hari dia mencoba mengirim beberapa email yang berisi penawaran produknya ke email list tersebut. Ternyata mendapat respon positif dan terjadi transaksi dari beberapa email yang telah dikirim.

Hari ke hari, Nikita pun makin menyadari dampak positif dari email list yang telah dia kumpulkan dari awal bisnisnya berjalan. Sehingga, saat ini dia bisa menghasilkan lebih banyak transaksi dari pelanggan baru dan repeat order dari pelanggan lama. Hanya bermodalkan email list yang telah dia kumpulkan tersebut.

Baca juga : Apa Itu Website? Pengertian, Jenis & Manfaatnya

Pengertian Email Marketing

Dikutip dari seputarmarketing, pengertian email marketing adalah salah satu saluran pemasaran yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis online dengan memanfaatkan email. Email marketing dapat dikirimkan kepada calon pelanggan atau pelanggan yang sudah lama berlangganan dengan produk Anda.

Selain untuk mengirimkan email penawaran ke calon pelangga, email marketing juga bisa berfungsi untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber Anda melalui email news letter.

Sedangkan pengertian email marketing berdasarkan gambaran diatas adalah sebuah rangkaian kegiatan digital marketing yang dimulai dari pengumpulan email list, dilanjutkan dengan mengirim email penawaran yang berisi tentang informasi produk atau promo terbaru untuk mendatangkan transaksi baru bagi calon pelanggan dan repeat order bagi pelanggan lama.

Baca juga : Tips Memilih Domain Dan Hosting Untuk Bisnis

Jenis-Jenis Email Marketing

Ada beberapa jenis email marketing yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan transaksi dan repeat order. Mari simak berikut ini:

1. Direct Email

Direct email adalah pesan yang dikirim ke email list yang berisikan penawaran produk atau promosi secara langsung. Email ini biasanya hanya berisi teks penawaran atau dibikin menarik dengan HTML yang berisikan konten multimedia.

Dalam memanfaatkan direct email jangan sekekali Anda mengirim email secara beruntun, nanti akan dianggap spam dan pesan Anda akan diabaikan oleh penerima email. Selain itu, ini juga bisa berdampak negatif terhadap hubungan baik dengan pelanggan.

2. Retention Email

Retention email adalah email yang dapat kita kirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terjaga hubungan baik dengan mereka. Selain itu, retention email juga berfungsi untuk meningkatkan repeat order bagi perusahaan.

Isi pesan dari retention email biasanya menawarkan promo terbaru, produk baru, update layanan dsb yang berfungsi untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama bisnis Anda.

Jika Anda ingin menjaga hubungan baik dengan pelanggan, Anda bisa secara rutin terus memberikan informasi atau penawaran terbaru kepada para subscriber agar mereka tetap menjadi subscriber setia Anda.

3. Memanfaatkan Email List Orang Lain

Memanfaatkan email list orang lain mempunyai kelebihan dan kekurangan, kelebihannya adalah kita tidak perlu cape-cape mengumpulkan email list, kita hanya perlu membayar sekian rupiah kepada teman atau penjual email list.

Namun, kelemahannya adalah email list tersebut belum tentu sesuai dengan market kita. Jadi, jika Anda menggunakan cara ini, jangan lupa untuk konfirmasi dulu dari mana dia mengumpulkan email list itu, apakah email list itu para subscriber yang tertarik dengan produk yang sejenis dengan Anda atau bukan. Jika bukan, ada baiknya Anda mencari penyedia email list yang lain.

Meskipun begitu, jenis email marketing ketiga ini juga tetap cukup populer. Karena juga banyak yang berhasil menggunakan ini dalam menawarkan produknya ke pelanggan barunya.

Baca juga : Cara Kompress Video Online Dengan Mudah

Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis

Setelah membaca uraian singkat diatas tadi, pasti Anda sudah bisa membayangkan apa saja manfaat email marketing untuk bisnis. Mari kita simak beberapa manfaatnya berikut ini:

1. Bersifat Personal

Email marketing bersifat personal, layaknya personal chat, email marketing bersifat private antara Anda dan calon pelanggan Anda secara langsung. Sehingga, akan memberikan perhatian lebih ke pelanggan ataupun calon pelanggan.

2. Praktis dan Hemat Biaya

Jika melakukan penawaran menggunakan media cetak seperti surat kabar, brosur dsb, sangatlah tidak praktis, terutama dizaman serba digital sekarang. Orang-orang semakin malas membaca brosur, mereka lebih tertarik untuk membaca sebuah e-brosur yang tersedia di smartphone atau laptop mereka.

Selain praktis, email marketing juga akan menghemat biaya. Bagaimana tidak? jika harus mencetak 100 brosur tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, jika Anda menggunakan email, Anda hanya memerlukan koneksi internet, itupun sangat kecil.

3. Kampanye yang Terukur

Kampanye yang Anda lakukan melalui email marketing dapat Anda ukur setiap waktu dan setiap email yang dikirim. Sehingga akan mudah bagi perusahaan Anda untuk melakukan evaluasi terhadap email list yang telah Anda kumpulkan.

Untuk mengukurnya, Anda hanya perlu melihat seberapa besar respon dari email yang telah dikirim. Email marketing bisa dikatakan berhasil jika mendapatkan 1 transaksi dari 100 email penawaran yang telah dikirim. Atau jika terjadi 1% transaksi, maka selamat, Anda telah berhasil menggunakan email marketing.

4. Membangun Hubungan Baik Jangka Panjang

Para subscribe biasanya belum tentu menjadi pelanggan Anda saat itu juga. Biasanya mereka tertarik menjadi subscriber Anda karena informasi yang Anda berikan memberikan dampak bagi mereka. Namun, meskipun mereka tidak menjadi pelanggan Anda secara langsung, mereka bisa menjadi pelanggan Anda jika mereka sudah membutuhkan produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, mereka juga bisa merekomendasikan Anda ke teman-teman mereka yang membutuhkan produk tersebut. Dimana marketing mulut ke mulut yang disampaikan oleh pelanggan terpercaya kita masih menjadi salah satu saluran pemasaran terbaik saat ini.

5. Mudah Menjangkau Pelanggan Lain

Memanfaatkan email marketing, membuat pelanggan Anda dapat membagikan email penawaran secara langsung kepada teman-teman mereka. Sehingga, akan meningkatkan interaksi dengan produk Anda dan dapat memperluas pasar Anda tentunya.

Baca juga : Aplikasi Pembuat Stiker Whatsapp Dengan Foto Sendiri

Kesimpulan

Ada banyak sekali saluran pemarasan yang dapat Anda gunakan pada zaman digital ini. Salah satunya adalah email marketing, dimana dengan email marketing, Anda bisa menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan repeat order dari pelanggan setia Anda.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menggunakan email marketing dalam saluran pemasaran Anda? atau Anda sudah mempunyai pengalaman baik atau buruk ketika menggunakan email marketing. Jika ada, Anda bisa menyampaikannya di kolom komentar ya.

Demikian artikel tentang pengertian email marketing ini, semoga bermanfaat. Dalam sebuah bisnis bukan hanya hanya email marketing saja yang diperlukan. Kamu juga memerlukan website custom dan aplikasi android sebagai media promosi online agar bisa menjangkau market yang lebih luas. Segera buat website dan aplikasi android Anda untuk mengembangkan bisnis kamu disini.

banner-promisi-jasa-pembuatan-website-profesional

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *